Aris Pujianto

Aris Pujianto adalah guru matematika MTs Muhammadiyah 04 Slinga Purbalingga (Mufourga) yang beralamat di Jl. Raya Slinga, Kec. Kaligondang, Kab. Purbalingga Jaw...

Selengkapnya
Berhenti Berarti Gagal (15)

Berhenti Berarti Gagal (15)

Plaining study banding sudah sejak sebulan yang lalu. Surat resmi sudah dikirim ke lembaga tujuan. Senin pagi (8/10) saat sedang mengajar kelas 8A, tiba-tiba dikejutkan suara handphone dari nomer tanpa nama. Hanya muncul tulisan Yogyakarta. Teringat pesan Kyai Fauzan Anwar tentang nomer penulis, yang sudah diberikan kepada manajemen lembaga tujuan study banding.

Segera penulis angkat teleponnya. Perkiraan benar, telepon dari humas Madrasah Aliyah Mu'allimat Yogyakarta. Memberitahukan terkait surat permohonan study banding. Penulis kaget, karena pihak mu'allimat memberi waktu Kamis (11/10). Langkah pertama langsung koordinasi panitia tentang waktu yang sudah di depan mata. Keyakinan bahwa Allah Swt pasti akan memberikan jalan keluar.

Pekerjaan panitia sangat heterogen. Ada yang PNS, ada yang pegawai swasta, ada yang owner bengkel las dan pensiunan. Perbedaan itu benar-benar rahmat (kasih sayang). Alhamdulillah dapat kompak untuk berangkat bersama, walaupun hari efektif.

Berangkat jam 23.30 melalui jalur Buntu, Kemranjen arah Yogyakarta. Perjalanan malam sangat leluasa. Jalan sepi, hanya beberapa kendaraan yang masih beroperasi. Kebetulan penulis menjadi driver mobil rush warna putih. Tancap gas terus tanpa ampun. Bahkan jalan yang tidak begitu jelas terlihat, membuat mobil seperti terbang saat harus melewati jalan yang tidak rata.

Perjalanan yang leluasa ini, menjadikan durasi perjalanan yang biasanya minimal 4 jam, dapat ditempuh hanya 3 jam lebih sedikit. Masih dapat istirahat sejenak melepas lelah dan meluruskan kaki yang sudah secara bergantian menginjak pedal gas, pedal kopling dan pedal gas.

Shalat subuh di masjid Jogokariyan yang sudah mendunia ini, menjadi pengalaman pertama penulis. Yang selama ini hanya mendengar dari cerita teman-teman yang sudah pernah berkunjung ke masjid Jogokariyan. Sudah membuktikan, benar adanya. Shalat subuh seperti shalat jumat. Bahkan ada yang tidak kebagian tempat.

Agenda kegiatan hari ini adalah belajar ke lembaga yang sudah besar. Tujuannya untuk motivasi dan merangkai mimpi. Untuk masa depan yang lebih baik lagi. Belajar dan terus belajar, berjuang dan terus berjuang, bergerak dan terus bergerak. Agar ada dinamisasi pergerakan dan selalu terjaga semangatnya.

#BerhentiBerartiGagal

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali